Info Pondok
Jumat, 21 Jun 2024
  • Jadwal Penjemputan Santri Libur Idul Fitri 1445 H/ 2024M Ahad, 31 Maret 2024 dan Harus Kembali ke Pondok Ahad, 21 April 2024
  • Jadwal Penjemputan Santri Libur Idul Fitri 1445 H/ 2024M Ahad, 31 Maret 2024 dan Harus Kembali ke Pondok Ahad, 21 April 2024

Pembukaan Pendaftaran Calon Siswa Baru

Diterbitkan : Selasa, 11 Juli 2017

Kegiatan penerimaan santri baru di pondok pesantren biasanya dilakukan pada awal tahun ajaran baru atau pada awal masuk santri baru di tengah tahun. Beberapa kegiatan yang mungkin dilakukan dalam rangka penerimaan santri baru antara lain:

  1. Orientasi Pondok Pesantren: Orientasi pondok pesantren merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan pesantren kepada santri baru. Kegiatan ini biasanya mencakup pengenalan fasilitas yang ada di pondok pesantren, seperti asrama, kelas, masjid, dan area umum lainnya. Selain itu, santri baru juga diberikan penjelasan tentang aturan dan norma-norma yang berlaku di pondok pesantren.
  2. Penyambutan: Kegiatan penyambutan biasanya dilakukan oleh para pengurus pondok pesantren dan santri senior. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sambutan dan pengenalan kepada santri baru, sehingga santri baru merasa diterima dan nyaman di lingkungan pesantren.
  3. Pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota): Santri baru biasanya diminta untuk membuat KTA (Kartu Tanda Anggota) sebagai tanda bahwa mereka sudah menjadi bagian dari komunitas pondok pesantren. KTA ini biasanya mencakup informasi tentang nama santri, nomor identitas, dan foto santri.
  4. Tes Kesehatan: Sebelum bergabung dengan lingkungan pesantren, santri baru biasanya harus melewati tes kesehatan. Tujuan dari tes kesehatan adalah untuk memastikan bahwa santri baru sehat dan tidak membawa penyakit yang dapat menular di lingkungan pesantren.
  5. Evaluasi Kemampuan: Untuk mengetahui kemampuan dan bakat santri baru, biasanya dilakukan evaluasi kemampuan yang meliputi tes IQ, tes tulis, dan wawancara. Hal ini dilakukan agar santri baru dapat ditempatkan di kelas yang sesuai dengan kemampuan dan bakat mereka.
  6. Pengenalan Program Pembelajaran: Setelah santri baru ditempatkan di kelasnya masing-masing, mereka dikenalkan dengan program pembelajaran yang akan diikuti selama periode belajar di pondok pesantren. Hal ini meliputi mata pelajaran yang akan dipelajari, jadwal pelajaran, dan kurikulum yang diterapkan di pondok pesantren.

Pengumuman Lain

GIPA Rohmatul Qur'an

Taruban Kulon, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo, D.I Yogyakarta