Info Pondok
Jumat, 21 Jun 2024
  • Jadwal Penjemputan Santri Libur Idul Fitri 1445 H/ 2024M Ahad, 31 Maret 2024 dan Harus Kembali ke Pondok Ahad, 21 April 2024
  • Jadwal Penjemputan Santri Libur Idul Fitri 1445 H/ 2024M Ahad, 31 Maret 2024 dan Harus Kembali ke Pondok Ahad, 21 April 2024

Agar Anak Mau Belajar Al Qur’an

Selasa, 11 Juli 2017 Oleh : admin Gipa

Pada zaman yang serba digital seperti sekarang, banyak anak-anak yang terlalu sering menghabiskan waktu di depan layar gadget mereka. Sebagai orang tua atau pengasuh, Anda tentu ingin anak-anak Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar Al-Quran daripada terus-terusan menatap layar HP mereka. Berikut ini adalah beberapa tips cara agar anak tidak ketergantungan dengan HP dan melupakan Al-Quran.

  1. Batasi Waktu Penggunaan HP Batasi waktu penggunaan HP oleh anak-anak dengan jelas dan konsisten. Tentukan batasan waktu untuk penggunaan HP, seperti hanya diperbolehkan selama satu atau dua jam setiap hari. Pastikan anak-anak mematuhi aturan ini dan disiplin dalam mengikuti jadwal yang telah ditentukan.
  2. Tentukan Jadwal Belajar Al-Quran Tentukan jadwal belajar Al-Quran secara teratur, seperti setiap pagi atau setelah pulang sekolah. Buat jadwal yang sesuai dengan rutinitas anak-anak dan pastikan mereka mengikuti jadwal tersebut. Ajak anak-anak untuk belajar Al-Quran bersama-sama dan jadikan kegiatan ini menjadi hal yang menyenangkan.
  3. Gunakan Teknologi untuk Meningkatkan Pembelajaran Al-Quran Manfaatkan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran Al-Quran. Gunakan aplikasi atau video pembelajaran Al-Quran yang interaktif dan menarik untuk anak-anak. Dengan begitu, anak-anak akan lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar Al-Quran.
  4. Berikan Contoh yang Baik Sebagai orang tua atau pengasuh, berikan contoh yang baik bagi anak-anak. Jangan terlalu sering menggunakan HP di depan mereka, dan lebih sering membaca Al-Quran atau melakukan kegiatan positif lainnya. Dengan memberikan contoh yang baik, anak-anak akan lebih terinspirasi untuk meniru perilaku yang positif tersebut.
  5. Ajak Anak-anak untuk Mengikuti Kegiatan Keagamaan Ajak anak-anak untuk mengikuti kegiatan keagamaan di tempat-tempat ibadah, seperti pengajian atau tadarus Al-Quran. Dengan mengikuti kegiatan keagamaan, anak-anak akan lebih banyak belajar tentang agama dan nilai-nilai kebaikan yang terkandung di dalamnya.

Dalam kesimpulannya, membatasi penggunaan HP dan meningkatkan kegiatan belajar Al-Quran dapat membantu anak-anak untuk tidak ketergantungan dengan HP dan lebih fokus pada belajar agama. Dengan memberikan contoh yang baik dan melibatkan anak-anak dalam kegiatan keagamaan, kita dapat membantu anak-anak untuk tumbuh menjadi individu yang berakhlak baik dan bertanggung jawab.

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

GIPA Rohmatul Qur'an

Taruban Kulon, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo, D.I Yogyakarta